Manfaat Brokoli Hijau

Manfaat Brokoli Hijau
Brokoli atau Brassica oleracea L. adalah kelas masuk kubis sayuran . Bentuknya mirip dengan kembang kol , itu hanya gelap brokoli hijau , kembang kol sedangkan putih .
Manfaat Dan Khasiat Brokoli Untuk Kesehatan

Dikatakan bahwa itu berasal dari daerah Mediterania . Sejak zaman Yunani kuno telah dibudidayakan tanaman . Brokoli masuk ke Indonesia sekitar tahun 1970-an .
Tanaman ini tumbuh subur di daerah pegunungan . Sentra produksi brokoli di Indonesia , antara lain , di Lembang - Jawa Barat dan Batu - Malang .




Brokoli biasanya direbus atau dikukus . Tapi ada juga melalapnya mentah . Tidak seperti kembang kol yang sering berbau agak urin dan segar , brokoli ini lebih manis dan segar .



Konten NutrisiBrokoli mengandung banyak vitamin , mineral dan serat . Kuntum hijau juga diyakini mampu mencegah berbagai penyakit termasuk kanker dan tekanan darah tinggi .



Vitamin yang paling menonjol yang terkandung dalam brokoli adalah vitamin C , vitamin A , dan vitamin K. Sementara itu , di antara kandungan mineral lainnya kalsium , fosfor , kalium dan mangan . Dalam satu porsi sekitar 100 gram , asupan brokoli menyumbang 5 % protein dan 10 % dari total kebutuhan serat tubuh .



Memilih & Mempersiapkan brokoli BrokoliMemilih mudah . Di dataran pilih mekar dan hijau segar . Biasanya brokoli dijual berikut rebus. Tekan punuk ini dengan kuku , yang masih cukup lembut , dan brokoli masih cukup muda untuk dimasak benar .


Selain mengandung sulforafan , senyawa pencegah kanker . Tanaman ini juga dikenal untuk menyimpan lemak , protein , karbohidrat , serat , air , zat besi , kalsium , mineral , dan berbagai vitamin ( A , C , E , Vitamin , ribofalvin , nicotinamide ) . Karena manfaat dari itu, tak heran jika brokoli disebut sebagai tanaman obat .



Persepsi ini diperkuat oleh Dr . Setiawan Dharlimantha , dalam bukunya yang berjudul " Atlas of Indonesia Volume Tanaman Obat 2 " . Dalam buku itu , ia menyatakan brokoli berkhasiat mempercepat penyembuhan dan mencegah penyakit dan menghambat perkembangan sel-sel kanker dalam tubuh , khususnya hormon yang berhubungan dengan kanker , seperti kanker payudara pada wanita , dan kanker prostat yang mengancam pria .

Kegunaan lain , brokoli dianggap mampu mencegah stroke. Dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan tim epidemiologi dari Harvard University, adalah tanaman yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes . Kandungan kromium dan serat dapat mengatur kadar gula darah . Bahkan katanya brokoli bila dikonsumsi usia muda , dapat mencegah keropos tulang ( osteoporosis ) di usia tua . Karena zat di dalamnya , brokoli diyakini untuk memperkuat sel-sel tulang .

Brokoli juga dikenal untuk memblokir berkasiat penyakit kulit seperti abses atau bisul . Nah , jika Anda rentan terhadap infeksi kulit , jangan ragu-ragu , perbanyak makan pengobatan brokoli.Untuk atau mempercepat penyembuhan , brokoli bisa dimakan sebagai sayuran tersendiri atau dimasak dengan sayuran lain .

Untuk mendapatkan khasiat brokoli optimal , dianjurkan untuk mengolahnya dengan cara diblansir ( rebus sebentar ) atau dikonsumsi dalam bentuk jus . Jika ingin brokoli berfungsi untuk mempercepat penyembuhan penyakit . Kemudian memberikan ukuran sedang brokoli . Potong seperlunya . Kemudian cuci sampai bersih . Air masak , setelah air mendidih , blansir brokoli selama dua menit . Setelah itu , angkat dan tiriskan . Brokoli siap untuk makan dengan nasi . Jangan merebus brokoli terlalu lama , karena dapat merusak khasiatnya .

Kemudian jika Anda ingin mengalami manfaat brokoli saat nyeri haid , bisa mengonsumsi brokoli dalam bentuk jus sejak tiga hari sebelum menstruasi , sampai menstruasi berakhir .




Sering salah membedakan brokoli dan kembang kol . Itu karena bentuknya hampir sama . Hanya warna berbeda . Brokoli hijau , kembang kol sedangkan putih . Tidak hanya warna . Keduanya juga memiliki perbedaan kandungan vitamin . Kandungan vitamin dan antioksidan yang lebih tinggi dibandingkan brokoli kembang kol .

Namun, pada dasarnya semua sayuran mengandung vitamin . Vitamin mengatur fungsi metabolisme tubuh . Dari sekian banyak jenis sayuran , termasuk brokoli yang mengandung banyak vitamin . " Di antaranya , vitamin A ( beta - karoten ) dan C. Selain vitamin , sayuran hijau yang memiliki isi yang berbeda . Misalnya , serat , antioksidan , karbohidrat , zat besi , kalsium , dan mineral . Brokoli juga memiliki beberapa manfaat lain . Yaitu , mempercepat penyembuhan penyakit akibat sistem kekebalan tubuh menurun .

Tips Kesehatan Dan Kecantikan
Yang perlu diperhatikan adalah cara pengolahan brokoli . Jika Anda ingin dioseng , jangan gunakan terlalu banyak minyak . Atau , hadir dalam bentuk jus brokoli . " Jika Anda tidak menyukai rasanya , Anda bisa menambahkan jus lemon juga mengandung vitamin C.